HBBV

Hijabers Beauty Blogger & Vlogger

Senin, 27 Mei 2019

PUASA ANAK KECIL SETENGAH HARI ATAU SAMPAI MAGRIB?


Ayo kita kembali ke masa kecil, bagaimana puasa kita? Siapa yang puasanya sering bolong? Atau pura-pura puasa di depan orang tua padahal di luar jajan? Klo aku sendiri untuk berbohong sama sekali tidak berani tapi mengkhayal bahwa aku lupa puasa lalu aku minum atau makan , kemudian saat ingat, aku puasa lagi, yah, itu keinginan anak kecil yang konyol tetapi memang aku alami saat kecil.

Puasa diwajibkan bagi orang yang sudah akil baliq, tapi kita juga harus memperkenalkan kepada anak, bahkan mengajarkanya, agar mereka terbiasa menjalankan perintah agama. Tentu saja karena tidak diwajibkan untuk ank-anak kita tidak perlu memaksakan terlalu keras, misalnya diharuskan buka puasa sampai magrib.

Aku ingat saat masih kecil ibuku mengajarkan aku berpuasa dengan mengiming-imingi aku imbalan, baju lebaran bila aku puasa sampai 1 bulan, begitu juga bapakku, menjanjikan imbalan uang THR saat lebaran, dengan begitu aku jadi semanggat berpuasa, tapi entah kenapa memang dari kecil aku terbiasa puasa, dorongan terbesarku bukan karena imbalan, tapi suasana nya lebih berasa ramadhan bila berpuasa, dan bisa bangga terhadap teman bahwa kita berpuasa.


Walau maagku sering kambuh, saat kecil aku punya maag akut, jika kumat aku bisa sampai guling-guling kasur. Jadi kadang aku berpuasa sampai jam 12 siang, aku berbuka, lalu melanjutkan puasa lagi sampai magrib. Ya memang seharusnya seperti itu. Kita mengajarkan anak kecil dengan sangat lemah lembut untuk berpuasa, Tapi bukan juga karena anak kecil, kita abaikan saja, atau tidak pernah mengajarkannya.

Ada beberapa hal lagi yang memotivasi anak-anak berpuasa, selain Imbalan, bisa dengan menceritakan cerita Inspirasi, misalnya cerita nabi saat berpuasa atau cerita teladan bagaimana kita merasakan nasib saudara- saudara kita yang tidak setiap hari bisa merasakan makan. Sehingga menciptakan jiwa social yang tinggi dikedepannya, dapat merasakan perasaan orang lain.
Mengajarkan anak kita berpuasa ada dalam firman allah :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
Wahai orang-orang yang beriman, lindungilah diri kalian dan keluarga kalian dari neraka.” (Q.s. At-Tahrim: 6)
Jadi wajib yah kita mengajarkan si kecil berpuasa, agar terbiasa.







Referensi:

2 komentar:

  1. Inget dulu aku waktu kecil, kalau mau puasa wajib sahur. Nah bangunin sahurnya itu ibuku perjuangan banget. Kami ada 3 kakak beradik cuma beda 1 tahun jadi ibuku harus bangunin aku, akunya bangun, adikku no.2 tidur, adikku no.3 bangun, akunya tidur lagi. Begitu terus sampai akhirnya Bapakku buat sayembara puasa. Siapa yang bisa puasa dgn sahur, nanti dibawa mudik. Hahaha, kalau inget itu jd lucu. Padahal kalau Ibu Bapakku mudik ya anaknya harus dibawa semua. Gak mungkin juga ditinggal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah, lucu banget, tapi iya sih mba, saat masih ada ibuku aku juga begitu, sahur malas2an, saat bangun juga sudah beres semua, tinggal makan. Klo sekarang kita yang jadi ibu, merasakan susah payah ibu kita dahulu.

      Hapus