HBBV

Hijabers Beauty Blogger & Vlogger

Rabu, 15 Mei 2019

BUKAN HANYA AYAM, KETUPAT JUGA BISA PRESTO


Panci presto adalah alat masak yang dapat menghasilkan uap untuk membuat tekstur makanan menjadi lunak. Umumnya Panci presto digunakan untuk mengempukan tulang , urat serta daging dalam waktu yang cepat.

Panci presto memiliki banyak kelebihan dibandingkan panci biasa, Kelebihanya antara lain:



  • Makanan lebih sehat

Memasak dengan panci presto dengan suhu tinggi, akan membunuh segala bakteri  dan akan membuat duri atau tulang menjadi lunak.

  • Nutrisi makanan terjaga

Panci presto hanya membutuhkan waktu yang terbilang singkat dalam mematangkan makanan, sehingga kandungan nutrisi yang ada pada makanan tetap terjaga.

  • Hemat Energi

Karena proses masak yang cepat, otomatis berpengaruh terdapat penggunaan energy, lebih hemat.

  • Lebih Aman

Panci presto di desain dengan 6 buah katup serta system ventilasi untuk menjaga keselamatan pengguna dan mencegah hal-hal yang tak diinginkan saat memasak.

  • Serbaguna

Kebanyakan alat masak memiliki satu atau dua fungsi saja, panci presto adalah alat multi fungsi yang bisa digunakan untuk mengolah berbagai makanan contohnya :merebus, menggoreng, mengukus, memanggang dan lain sebagainya, begitupula yang tidak banyak orang ketahui, nyaitu memasak ketupat, ya ketupat untuk lebaran dapat dimasak dengan panci presto.



Ketupat menjadi salah satu ciri khas dari yang namanya lebaran, ketupat yang di lengkapi  dengan opor ayam, begitu nikmat dirasakan bersama sanak saudara. Sekarang bagaimana cara memasak ketupat dengan panci presto.

Panci presto diisi dengan air.rendam ketupat yang sudah diisi beras, direndam dengan sempurna ke dalam air didalam panci presto. Masak ketupat hingga mendidih, biasanya ditandai dengan bunyi nyaring yang keluar dari panci presto. Kecilkan api, biarkan masak lagi sekitar 1 jam, dengan api kecil.

Setelah 1 jam, buka tutup panci presto, sebelum membuka tutup panci , keluarkan uap dahulu. Caranya mengganjal besi yang ada ditutup panci menggunakan sendok atau benda lain.Setelah Uap keluar banyak, Silahkan buka tutup panci. Ambil ketupat , tiriskan air yang masih menempel, lalu angin-anginkan. Ketupat Presto sudah jadi.

Untuk membuat ketupat than lama, bisa kita masukkan ketupat ke kulkas, tapi sebelum dimasukkan ke kulkas, jangan lupa masukkan ketupat ke dalam plastic dulu ya guys!
Segitu dulu info dari aku semoga bermanfaat.


Referensi:

4 komentar:

  1. dulu jaman saya kuliah, di lab tempat saya praktikum juga pake alat sejenis panci presto untuk sterilisasi alat mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, seru ya,ternyata presto serbaguna. klo saya jurusan management jadi gak ada praktek kaya gtu.

      Hapus
  2. Kalau lebaran, biasa bikin ketupat sepanci gede, kalau pakai presto kurang banyak. Kalau hari2 biasa bikin dikit bisa pakai presto kali yak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba bener, bikinya bisa 2 sampai 3 x, cuma ini lebih cepat mba.

      Hapus