HBBV

Hijabers Beauty Blogger & Vlogger

Senin, 22 Juni 2015

KEGUNAAN HELM YANG BELUM DIKETAHUI

MASAK DENGAN HELM???

Kata helm memang sudah sangat familiar ditelinga kita, karena setiap manusia dipenjuru dunia manapun pasti pernah menggunakan helm. Menurut Wikipedia helm  itu berasal dari bahasa belanda yang artinya bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan dikepala dan bisanya dibuat dari bahan metal atau bahan keras lainnya seperti Kevlar,serat mesin atau plastic. Helm biasa digunakan untuk berbagai aktivitas, baik pertempuran (militer), olah raga, pertambangan  atau berkendara.

Pengalaman saya menggunakan kendaraan bermotor , Helm adalah kelengkapan fital bagi pengendara, karena saat dijalan kita tidak pernah tau kapan atau bagaimana kecelakaan bisa terjadi terhadap kita, entah karena tertabrak, menabrak atau tergelincir. Itu menyebabakan kita harus safety terhadap diri sendiri , Berkali-kali saya mengalami kecelakaan bermotor dan kepala saya terbentur aspal, tetapi alhamdulilah baik-baik saja, karena terlindungi oleh helm.

Menurut Undang-undang  No.22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas dan Angkutan jalan setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraaan bermotor. Bagi sepeda motor berupa helm standart nasional Indonesia. Jika tidak menggunakan dipidana kurungan paling lama 1 bulan, dan denda paling banyak  Rp.250.000,00 (Dua ratus lima puluh ribu Rupiah).

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap helm, kadang disitu saya merasa sedih!, terutama saya sering melihat anak sekolah yang menggunakan motor dijalan raya tanpa menggunakan helm,sering kali mereka seperti itu agar rambutnya yang bagus dan keren itu bisa tertiup angin, mereka berkendara dengan tangan kanan dan tangan kirinya membenarkan poninya yang tersibak angin. Jika ditegur oleh pihak berwenang mereka mengatakan”Sekolah saya dekat pak!”. Padahal rumah dekat tidak merubah kerasnya aspal menjadi lembek.

Untuk para hijaber juga wajib menggunakan helm, karena hijab melindungi aurat kita tapi tidak bisa melindungi kepala kita dari benturan, dan kita tetap kelihatan cantik dan modis dengan berbagai model helm yang sudah ada saat ini.


Dibulan Ramadhan ini, kita sering mengendarai motor dengan kecepatan diatas rata-rata saat pulang kerja, agar bisa berbuka bersama keluarga dirumah. Lebih baik mengendarai dengan kecepatan rata-rata,gunakan helm standard an jangan lupa kaitkan tali pengikat helm agar kita bisa selamat sampai rumah.

Helm motor juga dibagi menjadi  beberapa kelompok nyaitu helm separuh kepala (half face), tiga perempat (open face), dan penuh full face.

Fungsi Helm Umum:
  1. Melindungi kepala dari benturan
  2. Melindungi mata dan wajah  kita dari Debu secara langsung
  3. Mengurangi suara bissing di jalan
  4. Melindungi kita dari serangga
  5. Melindungi kepala dari perubahan cuaca
Fungsi Helm Khusus:
  1. Pembuat penampilan kita menjadi keren
  2. Melindungi Mata dan Wajah kita saat memasak
         Belum banyak masyarakat yang tahu bahwa helm itu multiguna selain melindungi kita saat diluar rumah, juga dapat melindungi kita didalam rumah. Bagi para wanita yang hoby memasak tetapi takut terkena minyak panas. Helm bisa digunakan untuk melindungi mata dan wajah kita dari percikan minyak panas.



         Ide ini muncul saat saya pergi ke Rumah sakit mata, didaerah kebon jeruk, untuk memeriksakan mata saya yang iritasi karena debu. Disana ada seorang ibu yang tergesa-gesa datang ke receiptionis untuk mendaftarkan diri, sambil menahan sakit dan menutup mata kananya, saat ditanya oleh bagian pendaftaran keluhanya, dia mengatakan matanya terkena minyak panas saat menggoreng.

       Saya beberapa kali pernah terkena percikan minyak panas, tapi hanya dikulit, sehingga tidak fatal, dan sudah cukup lama saya mempraktekan menggoreng makanan yang mudah menimbulkan percikan minyak, misalnya saat menggoreng  lele. Dan hasilnya luar biasa, saya merasa aman. Saat terjadi percikan, wajah saya terlindung oleh kaca helm tersebut.

Trik Menggunakan helm saat memasak :
  1. Helm yang digunakan untuk memasak, baiknya gunakan helm yang tidak berat, sehingga tidak membebani kepala yang banyak melakukan gerakan saat menggoreng.
  2. Gunakan helm dengan kaca bening
  3. Cukup gunakan helm Open face (tiga perempat)
  4. Jangan lupa kaitkan tali pengikat helm, agar tidak mudah lepas.
  5. Peganglah tutup wajan ditangan kiri untuk melindungi kulit, tangan kanan memegang sutil/spatula untuk membalik makanan yang digoreng dan bagian wajah sudah terlindung dengan helm.
Selamat mencoba!  “keselamatan diri ada ditangan kita masing-masing”.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar