HBBV

Hijabers Beauty Blogger & Vlogger

Selasa, 21 Mei 2019

SENYUM TERMASUK ZAKAT,INFAQ ATAU SHODAKOH


Taukah kita akan keutamaan bulan ramadhan, diantaranya segala amal ibadah dilipat gandakan oleh allah. Dan kita mempunya kewajiban untuk membayar zakat, saya punya kenangan semasa belum pindah rumah ke rumah suami. Dirumah orang tuaku saat kita membayar zakat berupa beras, kurang afdol kayanya klo egak megang berasnya sambil didoakan sama pak ustadz, setiap tahun seperti itu. Dan saat bulan ramadhan aku dan teman-temanku, patungan untuk membuat kolak, lalu kolaknya kami bagi-bagikan sepanjang jalan, menuju masjid istiqlal untuk buka puasa sekaligus tarawih disana, saat ini bahagia banget bisa berbagi.

Duh jadi kangen banget masa-masa itu, oh ya antara zakat,infaq dan sedekah itu berbeda loh, mungkin diantara kita ada yang belum tau atau lupa, mari kita rincikan satu persatu ya.

Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang beragama islam dan diberikan kepada orang yang berhak menerimanya (fakir miskin atau sebagainya). Zkat dari segi bahasa berarti suci, subur,berkat dan berkembang, zakat berada di rukun keempat  dari rukun islam.

Zakat terbagi menjadi 2
  • Zakat Fitrah

Zakat yang wajib dikelurkan umat muslim menjelang idul fitri pada bulan suci ramadhan. Besar zakat setara dengan 3,5 Liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di saerah sekitar.
  • Zakat maal (harta)

Zakat yang dikeluarkan orang muslim yang mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan,hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas, dan perak,masing-masing jenis memiliki perhitunganya sendiri-sendiri.

Infaq adalah mengeluarkan harta yang mencakup zakat (hukumnya wajib) dan non zakat (hukumnya sunah). Infaq wajib diantaranya zakat , kafarat, nazar dan lain-lain. Infaq sunah diantaranya infaq kepada fakir miskin, infaq bencana alam, infaq kemanuasiaan.

Shodakoh/ sedekah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Untuk sedekah sendiri lebih luas dari sekedar  zakat maupun infaq, karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun mencakup segala amal atau perbuatan baik. Contoh yang paling simple  dengan memberikan senyum itu adalah sedekah yang paling mudah.

Seperti itu, semoga kita bisa menjadi ahli sedekah,Minimal sedekah senyuman.AAmiin.




2 komentar:

  1. boleh senyum tapi tidak boleh berlebihan.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah...bener banget, ntar dikira stress.........

      Hapus